Tuesday, April 4, 2023

Keterbatasan Konstitusional dan Statuta

 Keterbatasan Konstitusional dan Statuta

Ada banyak batasan atas kewenangan California untuk mengenakan pajak pendapatan yang berasal dari sumber di luar California. Pertanyaan yurisdiksi dan konstitusional hadir yang dapat membatasi negara bagian dan pemerintah federal dengan undang-undang juga dapat mengatur kemampuan negara bagian untuk menaikkan pajak.

Klausul Perdagangan Konstitusi Amerika Serikat tidak membatasi negara bagian dalam mengenakan pajak perdagangan antarnegara bagian. Namun, kasus hukum telah menetapkan prinsip-prinsip tertentu dalam menentukan validitas perpajakan negara atas perdagangan antar negara.

Interpretasi Klausul Perdagangan pada abad ke-19 menyatakan bahwa setiap perdagangan antarnegara bagian kebal dari pajak negara bagian. Pajak langsung dianggap sebagai beban yang tidak semestinya pada perdagangan antar negara. Baru pada tahun 1977 Mahkamah Agung mengeluarkan pernyataan definitif tentang masalah ini Smconsult. Dalam Complete Auto Transit v. Brady, 430 U.S. 274 (1977), Pengadilan menerapkan tes bercabang empat untuk memvalidasi perpajakan negara bagian atas perdagangan antarnegara bagian. Pajak harus:

1. Diterapkan pada aktivitas yang memiliki hubungan substansial dengan negara yang dikenakan pajak

2. Dibagi secara adil

3. Tidak membeda-bedakan

4. Berhubungan adil dengan pelayanan yang diberikan oleh negara.

Persyaratan nexus substansial terpenuhi ketika bisnis berada atau hadir dalam suatu negara bagian. Pembagian yang adil membutuhkan penggunaan formula yang mengalokasikan basis pajak antar yurisdiksi secara adil. Persyaratan diskriminasi berlaku dalam kasus ketika perusahaan dikenakan pajak berganda, mis. lebih dari satu negara bagian mengenakan pajak penghasilan yang sama. Cukup terkait dengan layanan yang diberikan meliputi polisi, proteksi kebakaran dan keuntungan dari masyarakat yang beradab. Tidak mungkin sebuah perusahaan dapat menantang pajak dengan alasan tidak disediakannya layanan ini.

Klausul ekspor-impor dari Konstitusi membatasi kemampuan negara untuk mengenakan pajak pendapatan dari perdagangan luar negeri. Namun dalam analisis yang sama, pajak tersebut berlaku jika uji klausul perdagangan terpenuhi, pajak diterapkan untuk semua bisnis di negara bagian dan bukan merupakan tarif perlindungan khusus.

Masalah konstitusional lainnya ditemukan dalam Amandemen Keempat Belas. Klausul proses hukum sebagaimana ditafsirkan oleh Mahkamah Agung mensyaratkan hubungan antara aktivitas antar negara bagian dan negara, dan hubungan yang rasional antara pendapatan yang dapat diatribusikan kepada negara dan nilai-nilai perusahaan dalam negara bagian. Persyaratan ini umumnya dipenuhi oleh hubungan yang cukup antara negara bagian dan entitas yang dikenakan pajak.

Keterbatasan lebih lanjut ada karena doktrin kekebalan berdaulat. Negara bagian tidak boleh mengenakan pajak pada instrumen federal atau pendapatan yang diperoleh darinya. Negara Bagian California telah menghindari hal ini dengan menganggap pajak atas korporasi sebagai pajak yang dikenakan atas waralaba korporasi, haknya untuk melakukan bisnis, dan bukan atas pendapatannya. Oleh karena itu, pendapatan dari kewajiban federal dapat dimasukkan dalam basis pajak.

No comments:

Post a Comment

Keterbatasan Konstitusional dan Statuta

 Keterbatasan Konstitusional dan Statuta Ada banyak batasan atas kewenangan California untuk mengenakan pajak pendapatan yang berasal dari s...